Phone : 0318472382, 081234560781

SMS    : 081234560781 (Jam Kerja)

Email   : cs@sekolahorangtua.com

Messenger :

Join Facebook.com/SekolahOrangtua


20
May

play videogame.jpgSelamat pagi P Aries & P Sukarto

Saya mau nanya lagi: Anak saya kalau disuruh mewarnai di sekolah, yang pertama dilakukan adalah melihat hasil karya teman temannya sehingga sering kehabisan waktu untuk mewarnai gambarnya sendiri. Apakah anak saya kurang konsentrasi? Apa yang harus saya lakukan?

Pertanyaan kedua: Anak dari adik calon ipar yang umurnya hampir sama dengan anak saya les Kumon. Saat ini anak tersebut dapat menulis dari 1 – 100 juga dapat menulis namanya sendiri. Padahal anak saya baru tahap pengenalan huruf 1 – 9 (untuk menulis baru sampai 3) dan pengenalan abjad (20 huruf untuk huruf besar dan 16 huruf untuk huruf kecil). Apakah hal ini wajar saja?

Terima kasih untuk jawabannya yang segera.

Ag.dari Surabaya

Related Posts:

Share your comments on Facebook:

comments

Category : Artikel / Tanya Jawab

6 Responses to “Anak Saya Sulit Konsentrasi?”


ariesandi 12 June 2007

Hallo Pak Ag yang baik,
Mengenai mewarnai di sekolah lalu anak jalan-jalan itu sih bisa aja terjadi pada anak dengan tipe gaya belajar kinestetik (tapi untuk memastikan ini perlu dilihat dulu) atau baca bukunya Pak Adi ‘Born to be a Genius’ atau bisa juga manajemen kelas dari gurunya gak bagus. Jadi bisa ada banyak penyebab.

Tentang kemampuan akademik, tergantung kita melatihnya atau tidak. Kalau kemampuan akademik sih bisa aja di karbit, karena anak memang punya potensi untuk itu tapi perlu dipertimbangkan efek psikologis dan emosinya. Dan satu hal yang penting adalah bahwa unsur emosi dan psikologis susah untuk dikarbit.

Salam sukses selalu
Ariesandi

Kak Zepe 12 October 2010

Oleh: Kak Zepe
Prestasi seorang anak, sangat ditentukan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah kemampuan berkonsentrasi. Kecerdasan seorang anak, terutama yang masih di bawah 12 tahun, tidak akan memberikan banyak manfaat bila sang anak memiliki kekurangan dalam hal kemampuan berkonsentrasi. Hmmm… Gawat juga ya? Jadi anda juga jangan langsung berpikir bahwa buah hati anda memiliki tingkat kecerdasan yang rendah bila buah hati anda jarang mendapat nilai yang baik. Siapa tahu buah hati anda termasuk anak yang cerdas, hanya saja susah berkonsentrasi saat mengikuti pelajaran di sekolah.
Lalu bagaimana untuk mengatasi hal ini? Saya akan memberikan beberapa pengalaman saya, tentang bagaimana cara yang baik, agar anda bisa menjadi orang tua yang lebih positif dan kreatif. Dalam kasus ini adalah cara memgajarkan kepada sang buah hati supaya memiliki kemampuan konsentrasi yang yang baik.
1. Melatih anak untuk hidup mandiri.
2. Berikan perhatian yang cukup
3. Jangan Biarkan Anak Terbebani Dengan Aktivitas Yang Tidak Disukai.
4. Perhatikan Pola Makanan
5. Berikan Hiburan Yang Cukup, Menyenangkan, dan Bermanfaat.

Penjelasan lebih lengkap dari poin2 di atas bisa didapatkan di:
lagu2anak.blogspot.com

erni 16 December 2010

sore…poin2 yg tlah bpk berikan sdh dipenuhi oleh anak sy,tp knp stiap dikls nilainya slalu aja jlek.

Sandra Mungliandi M Psi., Psikolog. 16 December 2010

Halo ibu Erni,

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi seorang anak mendapatkan nilai jelek. Beberapa hal sudah disebutkan oleh Pak Aries dan kak Zepe.
Jadi saya akan menambahkan saja poin lainnya.

Kurangnya konsentrasi bisa disebabkan oleh 2 hal yaitu masalah psikologis dan masalah potensi belajar.

Masalah potensi belajar.
Silahkan untuk memeriksakan di psikolog terdekat jika ibu mencurigai adanya kelainan kemampuan belajar dari anak. tapi kebanyakan kasus yang saya tangani, masalah belajar anak berawal dari masalah psikologis saja.

Masalah psikologis.
Berikut ini pertanyaan yang bisa membantu ibu mendiagnosis.
Apakah pada tiap mata pelajaran, anak mendapatkan jelek ?
Jika tidak perhatikan di mata pelajaran apa yang biasanya jelek dan sedang dalam kondisi apa ketika anak tidak dapat mengerjakan tugasnya.

Nilai jelek tidak berarti anak kita bodoh tapi dia hanya belum memahami materi yang diberikan. Reaksi kita ketika anak mendapatkan nilai jelek bisa menambah beban berat si anak sehingga ketika ia mengerjakan tugasnya merasa cemas kemudian mendapatkan nilai jelek. Kasus ini sering terjadi pada anak yang di rumah bisa menjawab semua pertanyaan tapi ketika di sekolah, semua jawaban menjadi kabur.

Untuk membantu ibu memahami buah hati dan mencari solusi yang sesuai, silahkan mempelajari DVD Rahasia Membuat Anak Ketagihan Belajar yang bisa dipesan melalui web ini atau email ke cs@sekolahorangtua.com

Salam hangat untuk Ibu sekeluarga

melyati 31 October 2012

selamat siang, anak saya sudah umur 7 thn 2 bln dia msh di TK B tapi sulit sekali berkonsentrasi dan seperti teman2 yg lain awalnya dia hiperaktif dan autis, sekarang dia sdh mau bersosialisasi namun sering membangkang dan memukuli temn di sekolah bahkan gurunya dan tidak mau belajar mnulis, mohon arahan untuk menghadapi anak hiper dan autis

Henny Christine 27 March 2013

selamat siang Ibu…
anak sy berumur 8th 11bln, skrg duduk di kelas 2SD, setiap di sekolah dia termasuk anak yang menulisnya lambat yg membuat dia ketinggalan dalam menulis soal2 pelajaran yg di kasih gurunya.. bukan itu aja, tulisannya kalo di sekolah kadang suka asal berbeda kalo dia belajar di rumah ato buat PR. kalo ulangan juga begitu, di rumah dia bisa menjawaqb dengan baik soal2 yg saya kasih, tapi kalo di sekolah dia beda lagi… saya pusing dan bingung sekali… kata gurunya kalo menulis di sekolah anak saya kadang suka bengong atau melamun yg membuat dia kadang suka terlambat menulis…
bu sandra kalo boleh saya minta trik2nya bu apa yg harus sy lakukan dalam menghadapi anak seperti anak sy ini.
trima kasih