Phone : 0318472382, 081234560781

SMS    : 081234560781 (Jam Kerja)

Email   : cs@sekolahorangtua.com

Messenger :

Join Facebook.com/SekolahOrangtua


14
Oct

happykids1.jpgKarena ini adalah newsletter HypnoParenting Anda yang pertama maka hari ini kita mencoba menjelaskan apa itu HypnoParenting. Sehingga tidak timbul perbedaan persepsi tentang ‘makanan’ apa ini ;)

Hypoparenting terdiri dari 2 kata dasar yaitu hypnosis dan parenting. Marilah kita bahas satu persatu secara singkat sehingga makna dari hypnoparenting dapat dimengerti dengan benar. Hipnosis di Indonesia masih dianggap sebagai satu hal yang dipenuhi misteri. Masih banyak yang beranggapan bahwa hypnosis melibatkan kuasa kegelapan, atau suatu bentuk praktek supranatural. Oleh karena itu tidak sedikit juga orang yang percaya bahwa hal yang berbau hipnosis harus dijauhi atau dihindari.

Ada juga yang berpendapat bahwa subyek yang dihipnosis tidak bisa mengontrol pikirannya sendiri dan dalam kondisi yang sepenuhnya tidak sadar. Atau bahkan ada juga yang mengatakan bahwa kalau sering dihipnosis akan lupa ingatan dan mudah dipengaruhi oleh orang lain, atau bahkan mudah dimasuki ”roh halus”. Baiklah sekarang kita akan membahasnya.

Pertama kali yang perlu diketahui adalah di dunia ini terdapat dua aliran besar hypnosis yaitu aliran Timur dan Barat. Pada aliran Timur memang banyak dijumpai hal-hal yang bersifat mistis atau ”magis”.Sedangkan pada aliran Barat dipengaruhi oleh teori-teori mengenai pikiran dan struktur bahasa. Hypnosis yang akan diulas di sini menganut aliran Barat. Jadi semuanya berdasarkan penelitian ilmiah dari para pakar yang berasal dari dunia kedokteran dan psikologi.

Fenomena hypnosis kita alami setiap hari. Pernakah Anda melihat film yang mengharukan hingga menangis? Anda larut dalam film itu sehingga seakan-akan menjadi sesuatu yang nyata. Itulah hypnosis. Contoh lainnya adalah bayangkan sebuah jeruk lemon yang sangat segar di depan anda. Bayangkan jeruk tersebut dibelah jadi 2 bagian dan kemudian dikucurkan ke dalam mulut. Bagaimana reaksi tubuh anda? Adakah pengaruhnya? Apakah air liur anda menjadi lebih encer? Jika anda perhatikan jeruknya kan tidak ada, hanya imajinasi saja bukan? Tetapi mengapa tubuh kita bereaksi dengan cara yang sama ketika jeruknya benar-benar ada? Itulah hypnosis. Otak kita menangkap gambaran mental dari jeruk lemon. Dan ketika kita melakukannya dengan penuh perasaan dan konsentrasi maka otak menganggap hal itu adalah suatu kenyataan dan memerintahkan tubuh untuk bereaksi dengan cara yang sama saat kita dulu berhadapan dengan jeruk lemon yang sesungguhnya.

Satu syarat penting yang harus ada di sini adalah bahwa anda harus pernah punya pengalaman dengan jeruk lemon dulu sebelumnya sehingga bisa membayangkan dengan detail. Jika anda belum pernah melihat jeruk lemon sebelumnya maka sugesti di atas tadi tidak akan berhasil.

Tidak ada hal berunsur ”magis” atau ”mistis” bukan? Untuk memahami fenomena jeruk lemon di atas maka kita harus mengerti cara kerja pikiran. Apa maksudnya? Maksudnya kita harus mengerti bagaimana pikiran memproses stimulasi dari luar (dalam hal ini berupa kata-kata ) menjadi suatu gambaran mental berdasarkan informasi yang sudah ada di memori pikiran sebelumnya. Dengan pemahaman di atas maka kita sekarang akan menyadari bahwa semua proses pemasukan informasi ke dalam pikiran adalah suatu proses hypnosis.

Nah sekarang apa itu Parenting? Parenting adalah segala sesuatu yang berurusan dengan tugas-tugas orangtua dalam mendidik dan membesarkan anak. Tugas kita sebagai orangtua dalam mendidik dan membesarkan anak sebenarnya sangat berat dan penuh liku-liku tantangan. Sayangnya kita hanya berbekal pengalaman sebagai seorang anak yang dulunya dididik dan dibesarkan oleh orangtua kita. Sebagian besar pola asuh dan pola didik orangtua kepada kita akhirnya mewarnai tugas kita sebagai orangtua.Kita memperlakukan anak kita sebagaimana orangtua memperlakukan kita dulunya. Seharusnya kita harus memperlakukan anak sebagaimana kita dulu ingin diperlakukan oleh orangtua kita. Dengan begitu kita bertindak atas dasar perasaan seorang anak. Bukan atas dasar perasaan kita sebagai orangtua. Karena apa yang kita anggap baik belum tentu seperti yang diinginkan oleh anak kita secara pasti. Dengan kata lain kita bertindak atas dasar persepsi kita sendiri bukan dari persepsi seorang anak.

Oleh karena itu dengan hypnoparenting kita berusaha mempetakan dan membuat sistemasi atas segala hal yang berhubungan dengan tugas kita sebagai orangtua ditinjau dari sudut pandang cara kerja pikiran dan pengaruhnya terhadap masa depan seorang anak. Mengapa kita meninjaunya dari sudut pandang cara kerja pikiran? Karena segala sesuatu berakar dari pikiran. Manusia, anak-anak sampai dewasa, melakukan segala sesuatu karena punya pikiran. Segala hal tentang teori pertumbuhan dan perkembangan anak tak akan berhasil jika kita gagal memahami cara kerja pikiran. Satu hal sederhana? Mengapa seorang bayi belajar berjalan? Karena ia melihat semua orang dewasa di sekitarnya berjalan tegak dengan kedua kakinya. Bukan karena umurnya memang mengijinkan dia untuk berjalan. Jika selama 5 tahun pertama hidupnya bayi hanya melihat orang di sekitarnya merangkak maka ia pasti akan merangkak juga. Tidak akan pernah berjalan tegak. Inilah mekanisme hypnosis yang paling sederhana. Kita telah mempengaruhi seorang bayi dengan contoh nyata bahwa suatu hari ia akan berjalan juga sebagaimana kita orang dewasa. Hal ini ditangkap oleh otak bawah sadarnya dan diproses sampai suatu saat si bayi mulai mencoba untuk berdiri tegak dan berjala. Tetapi karena tulangnya belum kuat maka ia akan terjatuh. Tetapi karena kita sugesti, ”Ayo coba lagi. Berdiri lagi sayang kamu pasti bisa” maka ia akhirnya bisa berjalan. Bayangkan apa yang akan terjadi jika sugestinya, ”Alaaa percuma kamu tidak akan bisa. Sudahlah duduk aja tidak usah berdiri atau berjalan” , apakah si bayi akan bisa berjalan? Tentu tidak.

Jadi semoga sekarang anda telah mengerti apa itu HypnoParenting dan bagaimana aplikasi sederhananya.

Wish you become the best parents in the world !

Ariesandi & Sukarto

Related Posts:

Share your comments on Facebook:

comments

Category : Artikel / Parenting

121 Responses to “Apa itu HypnoParenting?”


gamar 18 November 2008

Saya pikir setiap orang tua harus tau tentang hypnoparenting dan materi-materinya agar tidak salah bagaimana cara mendidik anak yang benar.Apalgi anak-anak adalah aset terbesar bagi para orang tuanya,so tunggu apalagi???Buruan gabung join di hypnoparenting sekarang juga.
Jujur saya senang banget bisa gabung di sini karena ilmu yang saya dapatkan dari sini sepenuhnya saya terapkan dalam mendidik 2 buah hati tercinta saya yang masih golden age.Selain itu saya terapkan pada anak-anak didik yang sayangi,so please pada Bpk.Ariesandi dan Bpk.Sukarto jangan pernah lupa kirimkan selalu newsletter2 edisi terbaru biar saya dapat mempelajarinya sekaligus mengaplikasikannya.Okey…???
Thanks a lot…Semoga dengan anda berbagi ilmu yang bermanfaat ini anda akan mendapatkan balasan yang lebih dan penuh berkah.

Yulitacindra 8 December 2008

Terima kasih atas kiriman email edisi 1 ke saya tentang hypnoparenting.
Saya sangat suka sekali atas kata-kata “kita harus memperlakukan anak sebagaimana kita dulu ingin diperlakukan oleh orangtua kita”.
Kata-kata itu juga pernah saya baca dari buku “children learn what they live” …

aningati 21 December 2008

Pak Sandy..,terimakasih atas kiriman artikel ttg hypnoparenting edisi 1,kadang2 saya bingung dengan berbagai karakter anak didik sy di playgroup,tetapi dengan adanya artikel2 dr bapak,saya sangat terbantu dan menambah pengetahuan saya,sekali lg thanks much ya pak…

sophi 29 December 2008

Alhamdulillah, beruntung sekali saya mendaftarkan diri ke sekolah orangtua ini.
Terima kasih banyak atas kiriman buku dan newsletternya, insyaallah sangat bermanfaat bagi kami para orang tua. Sekali lagi terimakasih untuk Pak Aris dan Pak Sukarto, semoga Alloh membalas amal baik bapak berdua…
Salam sukses!

Anas 14 January 2009

Pak Aries dan Pak Sukarto,

Terima kasih atas kiriman newsletter saya yang pertama dan Ebook yang sangat menarik itu. Sungguh saya beruntung karena membaca buku pak Aries mengenai Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, saya jadi tahu adanya sekolah orang tua ini.
Memang saya sangat tertarik dengan masalah Parenting dan suka membaca buku2 parenting. Saya juga punya buku 5 bahasa kasih Gary Chapman tapi sampai sekarang bacanya terputus-putus alias ndak selesai-selesai. Tapi kog baca bukunya pak Aries, sulit berhenti rasanya pingin tau terus. Akhirnya saya belajar soal 5 bahasa kasih itu dari buku pak Aries saja, bahasanya sederhana, banyak contoh sehari-hari dan gampang dicerna dan diterapkan.
saya sangat “tercerahkan” dengan pernyataan bahwa hal yang lebih penting itu adalah “membuat anak merasa dicintai”
Saya sudah lama pingin tahu mengenai Hypnoparenting tapi yah itu karena ada Hypnosisnya saya jadi takut, kalau-kalau bisa disusupi kuasa gelap tapi Puji Tuhan saya jadi mengerti setelah membaca newsletter pertama saya.
Apa yang dilakukan oleh pak Aries dan Pak Sukarto dalam sekolah orangtua ini sungguh sangat mulia, karena membantu mencerahkan para orang tua di Indonesia. Sukses berkarya terus ya Pak. Tuhan Memberkati.

Rosaline 16 January 2009

Terimakasih pak Aries..
Artikel edisi 01 nya,, saya memang sedang belajar menjadi orangtua yang lebih baik sehingga metode mendidk saya dapat menyenangkan bagi jagoan saya, 21 bulan. saya hanya ingin lebih cerdas emosi Pak, tidak gampang panik, tidak gampang marah dan tidak memaksakan kehendak pada anak. Saya ingin menjadi sahabatnya, sehingga saya memahaminya..Thanks Pak.Saya nantikan edisi2 berikutnya…

Dizzy 24 January 2009

Dear P. Aries…….
Terima kasih atas segala informasinya mengenai hypnoparenting. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi perkembangan anak-anak kita di masa mendatang.
Ada satu hal yang ingin saya tanyakan, “Kejadian di alam semesta ini mengikuti hukum law of attraction, yaitu hukum tarik menarik. Pada prinsipnya seluruh kejadian yang kita alami ini karena kita sendirilah yang menariknya untuk terjadi dengan kekuatan pikiran kita. Apakah kesuksesan metode hypnoparenting ini juga dipengaruhi oleh prinsip tersebut?
Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih atas penjelasannya.

arianto 29 January 2009

matur nuwun pak aries
baru x ini saya mendapatkan ilmu yg tadinya saya pikir magic, ternyata bisa juga ya diterapkan dalam dunia pendidikan ..
pendidikan yg saya lakukan pada anak2 saya berorientasi pada PEMBIASAAN ..
tapi untuk ilmu ini terus terang belum pernah mencobanya atau pernah tapi saya tdk menyadarinya
Ilmu HypnoParenting sepertinya mengharuskan orang tua memiliki daya kreatif dan imajinasi yg kuat, suka berkata – kata, kalau tidak memiliki modal ini HypnoParenting tidak akan berhasil..
pertanyaannya bisakah HypnoParenting diterapkan pada kelas? pada kelas yg banyak model sifatnya.. makasih banyak atas ilmu2nya..

MARTINI SIKUMBANG 13 February 2009

Terima ksih telah mengirim ilmu HypnoParenting pada sy,semoga Allah membalas kebaikan pada tim HypnoParenting.sy selalu berharap agar terus dikirim ilmu – ilmu yang lain.sekali lagi terima kasih

yanti 13 February 2009

trims infonya. Minggu lalu ada seminar hypnoparenting dan saya mengirimkan guru mewakili sekolah saya. Dari penjelasannya nampaknya lebih cocok buat ortu dan guru BK ya? Bagaimana dengan guru TK seperti kami dalam penerapan di dalam kelas.
Informasi ini berguna banget buat saya sebagai orang tua dan guru TK

rani 15 February 2009

Terima kasih Pak Aries dan Pak Sukarto
Saya jadi tahu ternyata banyak hal-hal yang harus saya perbaiki dlm mendidik anak. Saya tunggu info selanjutnya. Semoga Allah SWT membalas kebaikan anda. Btw saya infokan hypnoparenting ke teman-teman saya dan semoga generasi penerus kita menjadi generasi yang berkualitas. Amin.

etha 17 February 2009

Thank you pak Aries dan pak Sukarto atas artikel hipnoparenting.
Artikel ini mengena pada diri saya.
Saya sudah menerapkan ke anak-anak dan berhasil.
Karena saya memperlakukan anak-anak sebagaimana saya dulu ingin diperlakukan oleh orangtua saya. Kata-kata dalam artikel ini sangat mengena dalam diri saya.
Emank kalau dilihat masa lalu, saya produk ortu kolot & otoriter, bahkan sampai usia saya hampir 1/2 abad ini, ortu saya masih mengatur hidup saya. Ortumenganggap diri mrklah yg paling benar, anak2 hrs menurut tanpa diskusi.
Tapi untunglah, saya tdk mewarisi bakat otoriter ke anak2 saya. Saya senang sekali, anak2 saya bisa dekat sekali dgn saya dan menganggap saya sbg sahabatnya.
Cuma sayangnya, saya belum berhasil menerapkan hipno ke suami saya…. padahal sdh saya coba pelbagai cara, tp…. kok sulit yach….. mohon bimbingannya….. Kapan pak Aries datang ke Jakarta utk mengadakan seminar dan terapi konseling serta hipno suami istri? Mohon kabar. Thank you pak Aries.

Andi N 7 May 2009

Membaca dan mempelajari hypnoparenting memang terasa mudah untuk menerapkan. Masalahnya adalah bahwa parent adalah papa dan mama sehingga jika saya menerapkan teori tsb sedangkan pasangan saya tidak menerapkannya maka mungkin anak akan merasakan perbedaan cara mendidik dalam arti kata papa dan mama adalah dua orang yang berbeda. Tetapi saya sangat setuju dengan teori hypnoparenting karena memang realistis bahwa kita harus berada dalam alam dan suasana yang sama sehingga dalam berinteraksi tidak mendapat hambatan.

yuyun 14 May 2009

Trimakasih atas newsletter. Saya merasa telah menemukan tempat yang tepat untuk mendapatkan informasi bagaimana mendidik anak dengan benar, meskipun agak terlambat.

ellya triani 28 May 2009

terima kasih atas newsletternya, sgt bermanfaat dan membantu saya dalam usaha memperbaiki cara mendidik/mengasuh anak saya.. jangan lupa ditunggu
artikel berikutnya..

munib danuri 3 June 2009

Penjelasan singkat dan sangat mudah di fahami, saya baru buka dan sangat tertarik dengan ilmu ini. bagaimana saya dapat menindaklanjuti mendapatkan training ini ?

sary 2 July 2009

saya sangat senang mendapatkan free ebooks dari sekolah orangtua. banyak informasi baru yang saya dapatkan. trimakasih ya. sangat berguna untuk kita semua

Heni 27 January 2010

Kalau boleh, saya juga ingin bergabung bersama, karena saya juga punya anak yg msh berusia 2 th, terus terang saya tidak tahu bgmn sebaiknya mendidik yg benar. Sdemoga dgn ini , bukan hanya anak yg mendapat benefit, tapi pikiran saya pun lbh dicerahkan. Terima kasih.

diani wu 21 September 2010

adakah metode hypnoparenting untuk menyapih anak.? dan apakah bs diterapkan pd anak usia 20 bln?saya ingin menerapkan metode yg benar untuk menyapih anak, dgn cinta bukan dgn paksaan. minta tolong informasinya, terima kasih

Sandra Mungliandi M Psi., Psikolog. 18 October 2010

Halo ibu Diandi Wu,

Jika anak ibu telah memahami bahasa percakapan sehari-hari, ibu bisa menggunakan hypnosleep untuk membantu menyapihnya. Penggunaan hypnosleep ditujukan untuk membantu mengedukasi pikiran bawah sadar anak sehingga anak lebih mudah untuk mengubah perilakunya.

Hypnosleep dilakukan ketika anak telah memasuki tahapan tidur nyenyak. Kemudian kita agak bangunkan sedikit dengan menggoyangkan badannya tapi jaga agar anak tidak sampai sadar sepenuhnya. Tanyakan pada anak apakah ia dapat mendengar suara ibu. JIka ia menjawab iya maka lanjutkan dengan sugesti mengenai perilaku yang ingin diubah. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak, misalnya mulai besok dan seterusnya, adik minum susu dari gelas ya.
Jika ibu membutukan penjelasan lebih detil, silahkan membaca di buku Hypnoparenting karangan bapak Ariesandi.

Salam hangat punuh cinta untuk si Kecil

srimuryatiningtyas 9 March 2011

saya senang bisa bergabung